Skip to content

KEJENUHAN KEHIDUPAN.

October 28, 2017

Ketika semangat hidup ini melemah, dunia ini terasa penuh sesak, sempit atau membosankan, akibat penuhnya permasalahan yang dihadapi. Masing-masing orang berbeda menilai suatu permasalahan hidup, ada yang menganggap biasa saja, sedangkan orang lain menganggap permasalahan yang sama sangat berat. Jika hal yang demikian menimpa diri kita agar segera meneliti dan mencari penyebabnya lalu membuat solusinya. Jika tidak, permasalahan itu akan menggerogoti baik diri kita maupun merusak orang lain disekitar kita.

Harus segera bangkit dari keterpurukan itu, untuk menatap masa depan yang lebih baik dan bermakna. Beberapa tips bisa dilakukan untuk terhindar dari kejenuhan adalah sbb:

  1. Jika memiliki tekad untuk melupakannya/menyelesaikan harus dengan sekuat tenaga dan pikiran tanpa tergoyahkan sedikitpun. Jika mengalami hambatan, jangan segera beralih kepada cara lain yang baru, kecuali memang sudah yakin cara tsb, tidak cocok.
  2. Tidak menyalahkan orang lain, keadaan, apa lagi menganggap karena sudah nasib, ambillah tanggung jawab sendiri.
  3. Orang biasa menganggap masalah sebagai penghalang, tetapi orang yang cerdas menganggap masalah sebagai ‘ pembuat sejarah ‘ untuk dapat dibanggakan kepada anak-cucu dikemudian hari.
  4. Setiap kesuksesan tidak selalu berjalan mulus, tidak pernah salah memilih orang maupun keadaan atau saatnya tiba.
  5. Bebaskan pikiran dari hal-hal yang sempit, berpikir luas tanpa batas, tidak dengki, iri hati kepada orang lain yang sukses.
  6. Lakukanlah ‘ pengendalian diri ‘ terutama dalam berbicara, dan jangan terganggu atas penilaian orang lain.
  7. Kegagalan bukan merupakan kiamat, anggap sebagai kesuksesan tertunda dan menemukan jalan lain yang tidak diharapkan.
  8. Tidak cepat menyerah, berusahalah sungguh-sungguh, sampai tujuan akhir berhasil. Hiduplah secara sederhana, seberat apapun masalah, masih ada masalah orang lain lebih berat dari itu.

Masih banyak pertimbangan, hal-hal yang dapat memotivasi diri agar bisa meningkatkan semangat sebagai solusi kejenuhan hidup ini. Hidup ini terlalu berharga, karena untuk lahir sebagai manusia adalah amat sulit. Dengan kelahiran saat ini janganlah disia-siakan untuk berbuat kebaikan bagi umat manusia maupun alam semesta ini. Jadilah pribadi yang bermanfaat, bukan menjadi ‘ masalah ‘ atau parasit bagi orang lain.

Jadilah sebagai orang ‘ dewasa ‘ artinya menjadi diri sendiri seutuhnya, dan nyaman seperti apa adanya saat ini. Memang kita tidak pernah berpikir ‘ siapa ‘ sebenarnya diri kita itu dan bagaimana menemukannya. Dengan ke-8 hal diatas paling sedikit memiliki gambaran bagaimana kita hidup, dan memperoleh kepuasan bathin dalam menjalaninya.

Hidup berdasarkan realita bukan dengan mimpi-mimpi indah, karena kita semua sudah memiliki jalan sendiri-sendiri yang telah dikodratkan. Selalu ingat bahwa sebagai hasil akhir banyak factor yang menentukan, paling tidak campur tangan Tuhan yang tidak bisa diganggu gugat.

 

No comments yet

Leave a comment